Perjalanan Berkarya hingga 2016


Biodata Penulis
Dodi Saputra. Lahir Selasa Legi, 25 September 1990 / 5 Rabiul Awal 1411 Hijriah di Desa Mahakarya, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Indonesia. Penggemar travel-writing ini telah menempuh pendidikan TK Bakti IV Raudhatul Athfal Mahakarya, SDN 77 Mahakarya, SLTP Negeri 2 Pasaman, dan SMA Negeri 1 Pasaman. Ia pernah menjadi Guru di SMA Pertiwi 2 Padang. Pria yang murah senyum ini adalah putra pertama dari tiga bersaudara-pasangan Drs. Jumono dan Sriwidayati, S.Pd. Ia selalu tekun menulis cerpen, cerber, puisi, opini, feature, esai, berita, resensi, dan novel. Kini ia telah berhasil me-launching novel perdananya berjudul Bumi Mahakarya (AG Litera, Jogjakarta 2014), buku cerpen pilihan Musim Bunga (AG Litera, Jogjakarta 2014) dan buku puisi fenomenal perdananya Api Ziarah (FAM Indonesia, Pare, Kediri 2014) di Palanta Walikota Padang (2014). Buku terbarunya segera terbit yakni 100 Strategi Mahasiswa dan Sarjana Sejati (Penerbit Andi, Yogyakarta 2015).
Tulisan-tulisan kreatifnya berupa karya fiksi maupun non-fiksi. Dari goresan pena cintanya telah tercipta lembaran-lembaran ilmu dan pengalaman unik yang dimuat di berbagai media, diantaranya di Singgalang, Rakyat Sumbar, Haluan Padang, Padang Ekspres, Harian Analisa (Medan), Riau Pos, Lampung Pos, Banjarmasin Post, Radar Bromo (Surabaya), Metro Riau Pos, Minggu Pagi (Jogja), Majalah Walida (Jawa Timur), Inilah Bogor, Tabloid Suara Kampus,dan Tabloid Medika Kampus. Juga terbit di media online seperti Suara Redaksi Okezone, Wawasanews, dan Media Mahasiswa, dan Sastra Indonesia.com.
Mimpi besarnya adalah mampu menembus media, baik berskala nasional maupun internasional-dengan tulisan yang mencerahkan umat. Bukan hanya mimpi, melainkan aksi nyata penulis ini. Ia berkesempatan diundang pada Musyawarah Nasional (MUNAS) III FLP di Bali bertajuk “Quo Vadis Penulis Era Digital” (2013). Ia turut diundang Ruang Kerja Budaya bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia (KEMDIKNAS RI) di Padang pada Focus Group Discussion (FGD) bertema “Perencanaan Strategi Kebudayaan di Sumatera Barat” (2013). Diundang pula pada temu akbar Masyarakat Sastra Islam se-Asia Tenggara (MASISTRA) bertema “Rekonstruksi Pemikiran Melayu Bangkit” di Padang (2013), turut berpartisipasi pada Training for Trainer (TFT) FLP Se-Sumbagut bertajuk “Refleksi Budaya Literasi Menuju Sumatera Berkarya” di Medan (2013).
Pendaran cerpennya “Pudarnya Kejora” tergabung dalam buku Jembatan Merah (2013).  Berbekal semangat juang melanjutkan kisah perjalanannya, “Curam” menjadi cerpen pilihan Lomba Cipta Cerpen Tingkat Mahasiswa/Umum se-Indonesia yang tercantum dalam buku Kleptomania (2013) di Kediri. Petualangannya membuat sebuah mimpi besar “Meraih Mimpi di Bumi Para Nabi” termaktub pada antologi buku “Membungkus Mimpi” (2013). Langkah pioneer dunia literasinya diabadikan dalam buku berjudul “dan Aku pun Menjadi Penulis” dan menjadi antologi buku perdananya di Pare (2012).
Pesona puisi-puisinya dimuat dalam himpunan puisi pada Antologi Riau Pos 2013. Di sana diterakan nama-nama (penyair) yang termushaf dalam "Ayat-ayat Selat Sakat". Sebuah antologi puisi Riau Pos bersama penyair-penyair ternama se-Indonesia (2013). Naskah puisinya “Ubun-ubun di Kota Mati” berhasil meraih penghargaan dalam Sayembara Cipta Puisi Bocah Jalanan dan dibukukan Penerbit Alif Gemilang Pressindo bertajuk “Nyanyian Parau Bocah Jalanan” di Yogyakarta dengan penulis berseleksi nasional (2013), dan buku antologi puisi Tubuh Bencana (2014). Penulis muda ini pernah mendapat penghargaan pada lomba menulis “Proses Kreatif, Suka Duka Menulis” di Pare, Kediri (2012). Ia pernah memeriahkan Lomba Menulis Puisi, Kampanye Sastra ITB 2014 bertema “Pena Bicara Soal Pemimpin”. Ia juga dinobatkan sebagai finalis pemenang kategori Cerpen Non-Fiksi pada Kompetisi Menulis Tulis Nusantara oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (KEMENPAREKRAF RI) bekerjasama dengan Nulisbuku.com bertemaMerayakan Warna-warni Indonesia” serta Workshop Menulis-12 kota di Indonesia (2013).
Penulis turut memperoleh penghargaan dari Proton Edar Padang pada sayembara menulis feature bertajuk “Proton on Campus Jurnalist” tingkat mahasiswa se-Sumatera Barat (2013). Ia juga masuk dalam seleksi kontingen STKIP PGRI Sumatera Barat cabang Penulisan Cerita Pendek bertema “Profesional yang berbudaya dan berkarakter Indonesia” dalam PORSENASMA PT PGRI ke II di IKIP PGRI Semarang (2014). Ia semakin menebar pesona pada Harian Haluan yang tak kalah menjadikan penulis ini sebagai sobat favorit bertema “Novelis Berbakat” Januari 2014. Selain itu, Sosok penebar senyum ini telah berhasil menjadi remaja Pilihan di Profil Harian Singgalang bertajuk “Sang Aktivis dan Sastrawan Muda” Februari 2014.
Kini ia bergiat di Kaderisasi Forum Lingkar Pena (FLP) Sumatera Barat pada fokus bidang kajian Kaderisasi. Di tengah aktivitas pengkaderan tersebut, penulis juga diamanahkan sebagai Manajer di Sanggar Menulis Rumahkayu (RK) Sumatera Barat sejak 1 Januari 2013. Selain penulis, beliau juga tumbuh dan berkembang menjadi seorang trainer muda dan motivator masa depan pada pelatihan-pelatihan kepenulisan, diantaranya Pelatihan Menulis Kreatif bertajuk “ Bedah Fiksi dan Kiat Mudah Menembus Media” Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (2013), Bedah Karya Dwi Mingguan FLP Sumatera Barat, Diskusi Naskah Mingguan Sanggar Menulis Rumahkayu Sumatera Barat, Jumat Motivation TrainingManjadda Wajada” SMA Pertiwi 2 Padang (2014), Bedah Karya Santri Binaan di Pesantren Nurul Haq (2014), Writing Motivation Training bertajuk “Menulis Itu Mudah” di Forum Studi Dakwah Islam  (FSDI) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Padang (2014), Unit Kegiatan Kerohanian Media School (UMS) bidang Sekolah Kepenulisan di UNP (2014),  Pelatihan Kepenulisan Fiksi dan Non-fiksi Open Recruitment Akbar FLP Sumatera Barat di Balai Kota Padang (2014), dan lain-lain.

Alamat Penulis
Rumah            : Jl. Al Istiqamah, Blok E1 Nomor 06, RT 05 RW 06, Aie Pacah, Koto Tangah, Padang, Sumatera Barat, Indonesia, Kode Pos: 25176
Email               : dodimujahid@gmail.com
Blog               : dodimujahid.blogspot.com
Facebook        : Dodi Saputra Al Khalifaturrahman Abdullah
Twitter            : @dodisaputraBIO
Handphone     : 085263753290, 087895674343
Rekening         : BRI Syariah Cabang Padang Veteran 1007513158, Dodi Saputra.




Komentar