6 Tips Mendidik Anak Sehat dan Pintar

6 Tips Mendidik Anak Sehat dan Pintar

oleh Dodi Saputra




Berikut adalah beberapa referensi tentang penerapan pendidikan keluarga. Dalam hal ini, lebih dikhususkan kepada kiat atau tips agara kita sebagai orang tua juga bisa mewujudkannya. Nah, 6 tips ini terinspirasi dari sampul depan buku tulis Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (KEMENKES RI). Tujuannya supaya anak-anak Indonesia tetap sehat, cerdas dan ceria. Mari simak dengan seksama!

Tips 1 Mencuci Tangan Pakai Sabun

Anak sering memegang makanan, sebab perut mereka terasa lapar, sehingga tak teringat memeriksa kebersihan tangan. Di sinilah peran orang tua dalam memperhatikan kesehatan anaknya sebelum makan. Orang tua sudah harus menyediakan sabun dan air bersih, serta mengajarkan cara mencuci tangan yang benar.

Tips 2 Menggosok Gigi 2 Kali Sehari

Pertama menggosok gigi setelah sarapan pagi dan malam sebelum tidur. Kebiasaan ini cukup berat dimulai, tetapi mudah apabila te;ah dibiasakan oleh keluarga yang ingin sehat. Ya, setiap selesai sarapan, mulut digosok agar tetap terjaga dari sisa makanan. Begitu juga saat malam hari sebelum tidur, supaya kuman tidak berkembang di mulut.

Tips 3 Sarapan Sebelum Berangkat Sekolah

Sarapan dapat meningkatkan daya konsentrasi belajar anak lebih optimal, dari pada anak yang tidak sarapan. Akibatnya dapat berpengaruh pada prestasi belajar anak. Jika orang tua ingin anaknya berprestasi gemilang, maka biasakan sarapan pagi bersama anak di rumah. Selain itu. Anak juga tidak gampang jajan di sembarang tempat, sebab perutnya sudah terisi dari rumah.

Tips 4 Tidak Buang Air Besar (Bab) Sembarangan

Orang tua terkadang membiarkan anaknya BAB di sembarang tempat. Agar tidak dihinggapi lalat dan menyebar ke makanan dan minuman, maka biasakanlah anak BAB di jamban atau WC yang tersedia.

Tips 5 Aktivitas Fisik, Makan Buah dan Sayur

Aktivitas fisik bisa dilakukan dengan olah raga, peregangan tubuh, dan senam kecil. Sementara, makan buah dan sayur sangat baik untuk kebutuhan serat, vitamin, dan mineral, serta menjaga kadar gula dalam tubuh agar tetap seimbang.

Tips 6 Menjaga Kesehatan Mata

Hal ini dilakukan dengan menjaga ketika beraktivitas dengan gadget, yakni perhatikan jarak mata dengan layar, pencahayaan ruangan, level pencahayaan layar, dan jeda.*

Komentar