Biodata Dodi Saputra-Penulis Sumatera Barat-Masa Karya 2018



Dodi Saputra lahir Selasa Legi, 25 September 1990/ 5 Rabiul Awal 1411 Hijriah di Desa Mahakarya, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Indonesia. Penggiat literasi ini telah menamatkan pendidikan TK Bakti IV Raudhatul Athfal Mahakarya, SDN 77 Mahakarya, SLTP Negeri 2 Pasaman, dan SMA Negeri 1 Pasaman. Ia saat ini tinggal di Padang bersama istri dan anaknya. Sehari-hari ia mengajar tahsin dan tahfiz, serta karya tulis di SD Islam Terpadu Dar El Iman Padang. Ia juga membina Ekstra kurikuler Sanggar Sastra Ar-Risalah Padang. Pernah juga membina jurnalistik di SMA Pertiwi 2 Padang tahun 2014 dan SMA 11 Padang tahun 2015.
Pria murah senyum ini adalah putra pertama-dari tiga bersaudara-pasangan Drs. Jumono dan Sriwidayati, S.Pd. Ia tekun menulis cerpen, puisi, opini, feature, esai, berita, resensi, dan novel. Sampai saat ini ia berhasil menulis 5 buku tunggal; novel berjudul Bumi Mahakarya dan buku cerpen Musim Bunga di penerbit AG Litera, Yogyakarta tahun 2014. Seterusnya, buku puisi Api Ziarah penerbit FAM Publishing, Pare, Kediri 2014. Ketiganya diluncurkan di Palanta Walikota Padang tahun 2014. Buku motivasi terbarunya yakni 100 Strategi Mahasiswa dan Sarjana Sejati di penerbit Kekata Publisher, Surakarta tahun 2018. Segera terbit buku berikutnya berjudul Surau & Manusia Akhir Zaman di penerbit Guepedia tahun 2018.
Ragam tulisannya berupa karya fiksi dan nonfiksi dimuat di berbagai media; Singgalang, Rakyat Sumbar, Haluan Padang, Padang Ekspres, Harian Analisa (Medan), Riau Pos, Lampung Pos, Banjarmasin Post, Radar Bromo (Surabaya), Metro Riau Pos, Minggu Pagi (Jogja), Majalah Walida (Jawa Timur), Inilah Bogor, Tabloid Suara Kampus dan Tabloid Medika Kampus. Tulisannya juga terbit di media online; Suara Redaksi Okezone, Wawasanews, Indonesianpride.com, Media Mahasiswa, dan Sastra Indonesia.com.
Ia berkesempatan hadir pada Musyawarah Nasional (MUNAS) III Forum Lingkar Pena (FLP) di Bali bertajuk “Quo Vadis Penulis Era Digitaltahun 2013 dan MUNAS IV FLP di Bandung bertema “Menjaga Identitas Bangsa di Era Digital” tahun 2017. Ia turut menghadiri acara Ruang Kerja Budaya bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia (KEMDIKNAS RI) di Padang pada Focus Group Discussion (FGD) bertema “Perencanaan Strategi Kebudayaan di Sumatera Barattahun 2013. Hadir pula pada temu akbar Masyarakat Sastra Islam se-Asia Tenggara (MASISTRA) bertema “Rekonstruksi Pemikiran Melayu Bangkit” di Padang tahun 2013, turut berpartisipasi pada Training for Trainer (TFT) FLP Se-Sumbagut bertajuk “Refleksi Budaya Literasi Menuju Sumatera Berkarya” di Medan tahun 2013.
Dalam menulis cerpen anak, ia berhasil menjadi penulis terbaik dalam Sayembara Penulisan Cerita Anak oleh Balai Bahasa Sumatra Barat tahun 2017. Cerpennya “Pudarnya Kejora” tergabung dalam buku Jembatan Merah tahun 2013. Curam” menjadi cerpen pilihan Lomba Cipta Cerpen Tingkat Mahasiswa/Umum se-Indonesia yang tercantum dalam buku Kleptomania tahun 2013 di Kediri. “Meraih Mimpi di Bumi Para Nabi” termaktub pada antologi buku “Membungkus Mimpitahun 2013.dan Aku pun Menjadi Penulis” adalah  antologi buku perdananya di Pare tahun 2012.
Puisi-puisinya dimuat di Buku Antologi Riau Pos 2013. Di sana diterakan nama-nama penyair yang termushaf dalam "Ayat-ayat Selat Sakat". Sebuah antologi puisi Riau Pos bersama penyair-penyair ternama se-Indonesia. Naskah puisinya “Ubun-ubun di Kota Mati” berhasil meraih penghargaan dalam Sayembara Cipta Puisi Bocah Jalanan dan dibukukan Penerbit Alif Gemilang Pressindo bertajuk “Nyanyian Parau Bocah Jalanan” di Yogyakarta dengan penulis berseleksi nasional tahun 2013. Selain itu, buku antologi puisi Tubuh Bencana tahun 2014.
Penulis muda ini pernah mendapat penghargaan pada lomba menulis “Proses Kreatif, Suka Duka Menulis” di Pare, Kediri (2012). Ia pernah juga dinobatkan sebagai finalis pemenang kategori Cerpen Nonfiksi pada Kompetisi Menulis Tulis Nusantara oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (KEMENPAREKRAF RI) bekerjasama dengan Nulisbuku.com bertemaMerayakan Warna-warni Indonesia” serta Workshop Menulis-12 kota di Indonesia tahun 2013.
Penulis turut memperoleh penghargaan dari Proton Edar Padang pada sayembara menulis feature bertajuk “Proton on Campus Jurnalist” tingkat mahasiswa se-Sumatera Barat tahun 2013. Ia semakin menebar pesona pada Harian Haluan yang tak kalah menjadikan penulis ini sebagai sobat favorit bertema “Novelis Berbakat” Januari 2014. Selain itu, Sosok penebar senyum ini telah berhasil menjadi remaja pilihan di Profil Harian Singgalang bertajuk “Sang Aktivis dan Sastrawan Muda” Februari 2014.
Penulis bergiat di Forum Lingkar Pena (FLP) Sumatera Barat dari akhir tahun 2012 sampai sekarang. Di tengah aktivitas kepenulisan tersebut, penulis diamanahkan sebagai Ketua Badan Alumni Lembaga Dakwah Kampus Forum Studi Islam Afdhalul Fikri STKIP PGRI Sumatera Barat. Selain penulis, beliau juga tumbuh dan berkembang sebagai pemateri pada pelatihan-pelatihan kepenulisan, diantaranya Pelatihan Menulis Kreatif bertajuk “ Bedah Fiksi dan Kiat Mudah Menembus Media” Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang tahun 2013.
Di tahun 2014, penulis diundang sebagai pemateri dalam Writing Motivation Training bertajuk “Menulis Itu Mudah” di Forum Studi Dakwah Islam  (FSDI) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Padang, Unit Kegiatan Kerohanian Media School (UMS) bidang Sekolah Kepenulisan di UNP,  Pelatihan Kepenulisan Fiksi dan Nonfiksi Open Recruitment Akbar FLP Sumatera Barat di Balai Kota Padang. Kemudian, penulis juga diundang dalam Bedah Buku Bumi Mahakarya di UIN Imam Bonjol Padang tahun 2015, diskusi kepenulisan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumatera Barat tahun 2016, Pelatihan Menulis Kreatif, Program Pemantapan Literasi sekaligus juri lomba cerpen antarpelajar se-Kabupaten Dharmasraya tahun 2016, Seminar Nasional Kepenulisan di STKIP PGRI SUMBAR tahun 2016, Seminar Nasional Kepenulisan di IAIN Batusangkar tahun 2017.
Selanjutnya, tahun 2018 penulis diundang dalam pelatihan writerpreneurship di Bukittinggi oleh Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (BEKRAF RI). Pada kesempatan berikutnya, penulis dipilih oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KPPPA RI) di Padang, dan dilanjutkan bersama 3 perwakilan lain dari Sumatera Barat untuk mengikuti Pelatihan untuk Pelatih Bermuatan Inklusif Gender bersama penulis nasional di Surakarta, Solo. Selain itu penulis dipilih dalam peserta Penulisan Blog Kesehatan bersama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (KEMENKES RI) di Padang. Penulis juga berkesempatan dipilih menjadi peserta undangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (KEMDIKBUD RI) untuk mengikuti kegiatan literasi berupa Residensi Penulis Nasional di Taman Baca Warabal, Lebakwangi, Bogor. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. (Padang, November 2018)

Alamat Penulis
TBM Rumah Baca Khalifah  : Jl. Maransi Gang Kampung Sudut, No. 13, RT. 03    RW. 04, Kel. Aie Pacah, Kec. Koto Tangah, Padang, Sumatera Barat, Indonesia, Kode Pos: 25176
surat elektronik                       : dodimujahid@gmail.com
blog pribadi                             : dodimujahid.blogspot.com
facebook & instagram             : Dodi Saputra Berkarya
akun twitter                             : @dodisaputraBIO
handphone dan whatsapp       : 085263753290
nomor rekening                       : 0741057873 BNI Syariah Cabang Padang





Komentar